5 Langkah Mencegah Penyalahgunaan Kekayaan Intelektual

Untuk beberapa perusahaan yang baru merintis usahanya, aset yang paling berharga adalah aset yang tidak berwujud. Sangat mudah jika kita berpikir bahwa yang dimaksud properti hanyalah benda-benda materi yang digunakan untuk membangun sebuah usaha.

Namun dalam kenyataannya, landasan yang paling penting dalam membangun sebuah perusahaan biasanya sesuatu yang tidak bisa disentuh (tidak berwujud) seperti merek, ide, atau rancangan usaha.

Kekayaan intelektual adalah DNA dari sebuah bisnis, menjaganya dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab adalah sesuatu yang sangat krusial, seperti halnya menjaga harta yang berbentuk materi.

hak atas kekayaan intelektual

Mengembangkan Strategi Kekayaan Intelektual yang Tepat

Kamu bekerja keras untuk mengembangkan kekayaan intelektualmu, jadi sudah jadi hal yang wajar jika kamu juga berusaha untuk menjaganya dari orang-orang yang akan mencuri atau menyalahgunakannya. Perlindungan kekayaan intelektual secara hukum sangatlah penting, tapi hal ini tidak serta merta mencegah seseorang yang berniat untuk memanfaatkannya dengan cara yang salah. Adalah tanggung jawab kamu untuk berjuang dan menjaga hasil karyamu.

Untungnya ada cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu kamu menjaga kekayaan intelektual-mu agar lebih aman. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan kekayaan intelektual kamu dari penyalahgunaan.

  1. Mendaftarkan Hak Paten

Mendaftarkan properti intelektual (PI) menjadi langkah utama yang harus kamu lakukan. Memberikan penjagaan secara hukum pada PI melingkupi merek dagang, hak cipta, dan hak paten. Jika kamu berencana untuk memasarkan produk kamu ke luar negeri, kamu juga harus mencari tahu bagaimana cara mendaftarkan hak paten di negara tujuannya. Dengan melakukan hal ini, akan sangat membantu kamu jika suatu saat ada masalah sengketa menyangkut kekayaan intelektual yang kamu miliki.

  1. Mendokumentasikan Semuanya

Jika suatu saat masalah pencurian PI terjadi pada perusahaan kamu, maka kamu akan membutuhkan banyak bukti untuk bisa mempertahankannya. Idealnya, kamu harus mulai mendokumentasikan ide kamu dari sejak awal ide tersebut kamu dapatkan. Selalu membuat catatan atau rekam jejak untuk setiap ide-ide baru yang kamu termukan, termasuk langkah, proses, dan setiap pertemuan yang kamu adakan mengenai kekayaan intelektual-mu.

  1. Pastikan Rahasia Tetap Menjadi Rahasia

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kekayaan intelektual adalah dengan tidak membicarakannya pada siapapun. Kalau kamu butuh mendiskusikan desain atau temuan tersebut diskusikan hanya yang bersifat dasar dan tidak mendetail.

Kamu juga bisa membuatnya lebih kuat dengan menggunakan kontrak atau persetujuan sebelum kamu mencoba mendiskusikannya pada klien, pegawai, atau investor. Hal ini juga sangat penting dilakukan jika kamu mempekerjakan perusahaan luar atau pihak ketiga dalam bisnismu.

  1. Selalu Waspada dengan Kompetisi

Dalam banyak kasus, kamu hanya akan mengetahui bahwa PI kamu telah disalahgunakan jika kamu benar-benar mencarinya. Cara terbaik untuk memantau kemungkinan kejahatan yang terjadi adalah dengan terus waspada pada setiap kompetisi yang terjadi di pasar. Perhatikan perusahaan-perusahaan baru di industri yang sama dan produk baru sejenis di pasaran.

  1. Berjuang untuk Hak-mu

Meski semua usaha pencegahan telah dilakukan, kejahatan pada kekayaan intelektual masih saja kerap terjadi. Jika ini terjadi pada kamu, bersiaplah untuk melakukan tindakan perlawanan. Terkadang melayangkan surat peringatan akan cukup menolong, tapi di kasus lain mungkin kamu harus lebih agresif, seperti meminta bantuan hukum atau mengajukan gugatan ke pengadilan.

Mengambil langkah untuk mempertahankan PI memang tampak menghabiskan biaya dan waktu, tapi kerugian yang kamu derita akan lebih dari itu jika kamu tidak mengambil tindakan. Mintalah bantuan pada pengacara yang ahli pada bidang kejahatan intelektual. Mengetahui bahwa kekayaan intelektual-mu berada dalam kondisi yang aman artinya kamu bisa lebih fokus dalam bisnis dan membuat perusahaanmu lebih maju.